Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan
|
:
|
Sekolah Menegah Pertama
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / Semester I
|
Topik
|
:
|
Obyek IPA dan Pengamatannya
|
Sub Topik
|
:
|
Penyelidikan IPA
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 X 40 menit
( 1 kali tatap muka)
|
A.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran yang
dianutnya
1.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
3.1 Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi , serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup dan
lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
B.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi macam-macam obyek IPA
(biotik dan abiotik) di lingkungan sekitar
2.
Terampil melakukan langkah-langkah
menyelidiki obyek-obyek IPA secara ilmiah
3.
Menginferensi data hasil
pengamatan obyek IPA
4.
Memiliki rasa ingin tahu,jujur, teliti, dan peduli lingkungan
melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan penyelidikan
IPA
5.
Menunjukkan ketekunan, tanggung
jawab, saling menghargai dalam kegiatan
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
6. Mengkomunikasikan data hasil pengamatan obyek IPA
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kajian LKS, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam obyek
IPA (biotik dan abiotik) di lingkungan sekitar
2.
Mengembangkan keterampilan melakukan
langkah-langkah menyelidiki obyek IPA secara ilmiah
3. Siswa
dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan
mengkomunikasikannya
4.
Siswa dapat menjelaskan tiga komponen
ketrampilan proses yaitu, pengamatan, inferensi, dan komunikasi.
5.
Siswa dapat menjelaskan kegunaan
mempelajari IPA
6.
Siswa dapat menyebutkan
obyek yang dipelajari dalam IPA
7.
Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu,
teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui
kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
D.
MATERI
1. Penyelidikan IPA
Penyelidikan IPA meliputi
sejumlah proses yang harus dikuasai, antara lain:
a.
Pengamatan
Melibatkan panca indera termasuk melakukan pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan
informasi
b.
Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan.
Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antar
aspek yang diamati serta membuat prediksi
c.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun
tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk
tabel, grafik, bagan dan gambar yang relevan
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Scientific
- Metode : Observasi , Eksperimen dan Diskusi
- Model : Discovery Learning
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Benda atau gambar manfaat IPA (HP, laptop,
kertas, bibit tanaman,dll)
2.
Alat dan Bahan
a.
Kertas
tisu atau kertas isap
b. Spidol
c.
Beaker
glass
d. air
3.
Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII hal. 2-5, Puskurbuk 2013
b) LKS tentang Penyelidikan IPA hal.3
c) Lingkungan sekitar
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama ( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi
(Stimulasi)
|
Pemusatan perhatian :
- Guru memperlihatkan berbagai
alat ukur dari produk IPA,
kemudian guru meminta siswa
mengamati temannya dan menyampaikan hasil pengamatan dengan mengajukan
pertanyaan seperti :
·
Perhatikan temanmu dalam satu kelas, apa saja ciri-ciri yang temanmu
miliki?
·
Apakah ciri-cirinya sama?
Mengapa hasilnya demikian ? Apakah yang mempengaruhi hasil pengamatan tersebut ?
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari penyelidikan IPA
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan
Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan
analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen memahami bagaimana cara
mengembangkan IPA melalui kegiatan untuk membuat prediksi dan menguji prediksi
(percobaan kertas tisu dicelupkan ke air)
-
Membagi
siswa menjadi 10 kelompok
-
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS membuat prediksi dan menguji prediksi lalu mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh
melalui percobaan
-
Melakukan
percobaan kertas tisu yang dicelupkan ke air
-
Siswa mengamati percobaan dan mencatat data
pengamatan pada kolom yang tersedia
pada LKS
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap
percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
-
Presentasi
hasil percobaan
-
Diskusi
prinsip-prinsip penyelidikan IPA berdasarkan hasil data hasil percobaan
-
Membuat
kesimpulan tentang prinsip-prinsip penyelidikan
IPA
|
85 menit
|
Penutup
|
|
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan
penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan
lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Pemberian tugas untuk
mempelajari pemanfaatan penyelidikan IPA dalam kehidupan sehari-hari dan
tugas baca tentang Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan
|
20 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar